-->

Tehnik Dasar Menggambar karakter Manusia ( Anime )



Bagian I : Tenik Dasar Menggambar karakter Manusia (Bagian Kepala dan Wajah)

Komik adalah suatu media bertutur atau bercerita melalui gambar. Sebuah komik tidak akan dapat disebut komik jika tak memiliki unsur gambar didalamnya . Teman-teman semua tentu suka membaca komik dan terkadang mencoba untuk menggambar ilustrasi atau bahkan membuat komik sendiri, namun seringkali menemui kendala dan kesulitan dalam melakukannya terutama pada proses menggambar. Untuk itu pada tutorial bagian pertama ini kami akan berbagi mengenai tehnik dasar dan tips dalam menggambar komik yaitu dasar menggambar bagian kepala dan wajah pada karakter manusia.

Sebenarnya ada banyak cara dalam menggambar karakter manusia namun yang akan kami tunjukan disini adalah bagaimana cara menggambar yang baik dengan menggunakan sketsa dan garis bantu. Sketsa merupakan rancangan acuan dalam membuat suatu gambar biasanya hanya berupa garis-garis sederhana namun sangat berguna dalam menentukan bentuk pasti sebuah gambar sehingga garis-garis yang akan kita buat kemudian menjadi lebih baik dan akurat. Membuat sketsa sangat dianjurkan sebelum kita membuat sebuah gambar jadi karna dapat mengurangi kesalahan dalam menggambar. 
Untuk itu mari kita simak cara-cara dibawah ini :
Langkah 1
“Membuat garis patokan dasar untuk wajah”
Tahap pertama yang akan kita lakukan dalam menggambar wajah adalah membuat garis patokan untuk bagian alis dan hidung yang merupakan representasi  ukuran wajah secara vertical dan horizontal.
Langkah 2
“Membuat patokan untuk rahang”

Buatlah gari patokan untuk bagian rahang dibawah garis alis namun jangan dibuat terlalu jauh atau terlalu dekat. Lebarnya sedikit lebih mengecil dari garis patokan alis.
Langkah 3
Membuat  garis patokan mata
Garis ini dibuatdi bawah patokan alis dengan jarak yang dapat kita sesuaikan sendiri karena garis ini membantu kita menentukan besar mata karakter dan menjaga keseimbangan gambar mata yang akan kita buat.
Langkah 4
“Menyatukan garis- garis wajah


Setelah patokan alis, hidung , rahang dan mata telah dibuat kita dapat menyatukan atau membuat garis outline wajah dimulai dari patokan alis sampai dagu.


Mulailah membuat  dasar bentuk mata,alis, hidung dan mulut pada  garis-garis patokan  yang  telah dibuat, jangan lupa unutk memperhatikan proporsi  dan keseimbangannya.

Langkah 6
“Membuat dasar rambut pada garis batas rambut dan kepala”

“Menyelesaikan seluruh bentuk  elemen wajah dan kepala”
Buatlah bentuk alis, mata, hidung , mulut dan rambut dengan lebih sempurna.

Langkah 7
“Memperhalus dan mempertegas bentuk wajah”


Langkah terakhir adalah mempertegas gambar dengan lebih menebalkan garis-garisnya atau menimpanya dengan pena. Garis patokan atau sketsa yang ada dapat dihapus agar gambar menjadi bersih.Pose wajah diatas adalah pose dasar, teman-teman dapat membuat lebih banyak pose yang berbeda berdasarkan posisi tubuh, angle view atau gerak tokoh. Untuk membuat pose lain yang lebih sulit biasakanlah unutk berpikir secara 3 dimensi dimana kita dapat membayangkan gambar kepala yag kita buat memiliki volume atau ruang yang dapat dilihat dari berbagai sudut.

Berikut ini adalah contoh urutan pembuatan gambar kepala dan wajah dari pose yang lainnya.
Pose setengah menyamping :
 
Pose menyamping :



Pose menunduk kebawah ( dilihat dari atas) :



 Pose melihat keatas (dilihat dari bawah) :


Pose seperempat menyamping :



Sekian semoga dapat membantu anda, selamat mencoba dan teruslah berkarya..


Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Post a Comment

Harap Tinggalkan Kritik dan Saran Anda Disini..
Mohon gunakan bahasa yang baik dan berkomentarlah yang bersifat membangun [ No Spam - No Sara ] Terima Kasih